10 Tips Untuk Menjadi Seorang Developer Yang Baik

Dalam 6 tahun terakhir saya telah bekerja sebagai pengembang hubungan, yang membangun jaringan dengan pengembang dan mendukung mereka untuk memengaruhi pengguna pekerjaan mereka. Dari Blaast, yang akhirnya dibeli oleh Facebook, kemudian Electoral API, the Asia Foundation dan sekarang Google

Developer Yang Baik

Bepergian selama lebih dari 10 tahun di dunia web memberikan banyak pengetahuan tentang bagaimana kita bisa menjadi pengembang yang lebih baik. Dan pengalaman itulah yang saya coba bagikan dalam artikel ini untuk mendorong lebih banyak pengembang untuk meningkatkan. Berikut 10 tips untuk menjadi pengembang yang lebih baik.

Temukan panutan atau mentor Anda

Model peran adalah langkah penting pertama karena ada model peran yang dapat Anda ikuti dengan mudah. Anda bisa bertanya langsung, misalnya, Anda mandek atau bingung ketika memilih jalur karier Anda. Apalagi dengan Twitter dan jejaring sosial lainnya, siapa pun bisa menjadi panutan.

Selalu mencoba menyelesaikan masalah Anda sendiri terlebih dahulu.

Pengembang yang baik adalah pemecah masalah yang andal. Dalam mencoba melatih diri untuk mencapai sesuatu tanpa mengajukan banyak pertanyaan, kami akan memperbaiki logika kami untuk menemukan jawaban untuk masalah yang ada. Setelah mencoba beberapa metode dan masih belum dapat menjawab masalah, kita dapat mencoba bertanya kepada orang lain. Tetapi cobalah untuk tidak bertanya apa solusinya, tetapi bagaimana orang tersebut menemukan solusinya. Ingat, mintalah pancing independen, jangan minta ikan untuk dimakan sekali.

Anda bisa bertanya dengan baik

Banyak pengembang senior kesal dengan junior yang bertanya tidak etis, yang ingin menerima jawaban instan tanpa ingin mencari tahu sendiri, sehingga sebagian besar tanggapan yang diterima adalah RTFM. Sama dengan angka 2 di atas, jika kita tidak melihat dulu, maka kita tidak akan terbiasa memecahkan masalah. Mental akan bangun untuk diberi makan, tidak mandiri.

Selalu up to date dengan tren dan perkembangan di industri.

Perkembangan teknologi sangat cepat, tanpa memiliki kebiasaan membaca setiap hari perkembangan teknologi, pengembang akan tertinggal. Belum lagi bahwa ruang lingkup teknologi sangat luas, hanya di web kita harus memahami teknologi di back-end, front-end, database dan bagian lainnya. Tanpa bisa memahami apa yang terjadi di bidang ini, akan sulit bagi kita untuk beradaptasi dengan perubahan permintaan industri. Jadi jangan terlalu sering mengikuti mantan Anda, cobalah berlangganan buletin seperti WWWID agar Anda bisa menjadi pengembang tren.

Selalu bereksperimen dengan alat dan teknologi baru.

Hampir setiap hari ada alat, kerangka kerja atau pustaka yang diluncurkan terutama di dunia JavaScript. Jangan hanya menggunakannya, cobalah mencari tahu mengapa alat-alat ini diperlukan, cara kerjanya dan cobalah bereksperimen untuk menggunakannya sehingga Anda dapat menemukan kelebihan dan kekurangannya. Kemudian, cobalah untuk mendokumentasikan apa yang Anda coba, apa yang dapat Anda tulis.

Selalu berbagi apa yang Anda lakukan dan pelajari

Banyak pengembang Indonesia hebat, sayangnya terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka dan lupa untuk berbagi. Jadi, saya perlu pengembang baru mengeluh tentang kesulitan menemukan pengembang, tetapi dia tidak pernah melakukan apa pun untuk berkontribusi. Berbagi sama dengan belajar, saya mencoba mendokumentasikan apa yang telah saya pelajari untuk lebih memahami dan, tentu saja, itu dapat bermanfaat bagi orang lain. Cobalah untuk menulis pengalaman Anda dalam mempelajari sesuatu dalam dunia pemrograman.

Belajar mengomunikasikan ide-ide Anda secara lisan atau tertulis.

Sebagian besar pengembang introvert dan kurang mampu mengomunikasikan pikiran mereka dengan baik. Hasilnya adalah sebagian besar pengembang hanya dapat membuat aplikasi berbasis spesifikasi tanpa berkontribusi pada desain suatu produk. Bahkan di masa lalu saya merekrut pengembang di agensi, terutama saya melihat bagaimana mereka berkomunikasi melalui email. Istilah ini merekrut pengembang yang dapat menulis pemikiran mereka karena komunikasi adalah titik utama kolaborasi dan kolaborasi tim. Komunikasi adalah tentang empati, kepercayaan, dan logika. Semakin banyak kita berkomunikasi, 3 hal akan dibangun.

Pelajari keterampilan lain yang mendukung keterampilan utama Anda

Terkadang, pengembang lupa bahwa menjadi pengembang yang baik bukan hanya modal pemrograman ahli. Contoh no. 7 di atas menunjukkan pentingnya keterampilan komunikasi. Apalagi jika Anda ingin menjadi pencipta seperti Pieter Levels, seorang pengembang yang membuat produknya sendiri dan cukup sukses dalam nomaden digital. Anda akan memerlukan keterampilan lain seperti desain, penulisan, dan pencarian pengguna. Tentu saja, tidak semua orang perlu melakukannya sendiri, tetapi mengetahui standar yang baik di bidang itu dapat menghasilkan produk yang lebih baik.

Menjadi mentor bagi pengembang lain

Mentor adalah cara belajar untuk menyelesaikan masalah yang belum menjadi masalah kita atau bahkan meningkatkan keterampilan kita terkait dengan masalah yang kita bantu. Saya seorang mentor di Launchpad Accelerator, yang sebenarnya membantu saya untuk memahami lebih dalam bagaimana startup memecahkan masalah di negara-negara berkembang seperti India, Meksiko, Brasil dan Nigeria. Kita dapat belajar lebih cepat dengan membantu orang lain memecahkan masalah mereka.

Keseimbangan kehidupan kerja

Banyak orang mengatakan bahwa jika kita menyukai pekerjaan kita, kita tidak memiliki masalah jika kita terus bekerja tanpa pendinginan. Bahkan akhir pekan yang penuh dengan proyek paralel menyegarkan. Tetapi otak kita perlu dilatih karena jika mereka digunakan terlalu sering untuk hal yang sama, itu menjadi rutinitas yang hanya menggunakan sedikit kinerja dari otak kita. Seiring berjalannya waktu, otak menjadi tumpul dan tidak bekerja secara optimal.

Rutin yang sama vs aktivitas baru

Aktivitas menyegarkan tidak harus rileks, tetapi Anda bisa berlatih dengan olahraga atau aktivitas aktif lainnya. Selain bisa membantu tubuh kita tetap bugar sehingga tetap produktif, tentu saja otak akan menjadi lebih akut dengan berbagai aktivitas yang berbeda.

Penutup

Nah, coba 10 tips di atas. Indonesia masih kekurangan pengembang, sehingga diperkirakan kami tidak akan memiliki unicorn baru dalam waktu dekat karena masalah kurangnya pengembang. Meskipun pada 2010 ada 41.023 lulusan dalam ilmu komputer, tapi saya tidak yakin semua orang siap menjadi pengembang yang diterima industri. Oleh karena itu, tidak hanya menjadi pengembang yang hanya tahu bahasa pemrograman, tetapi mencoba untuk menjadi pengembang yang lebih baik dan dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *