Wisata Jogja Gunung Merapi

Wisata alam menjadi salah satu wisata yang eksis dikunjungi pada masa kini. Spot foto menarik dengan berbagai gaya menjadi sesuatu yang mempunyai nilai lebih. Keindahan alam asli serta suasana yang sejuk dan tenang dapat merefleksikan tubuh. Walupun seringkali Gunung Merapi mengalami erupsi.

Wisata Jogja Gunung Merapi menjadi salah satu alasan untuk berlibur ke Jogja. Berbagai wisata yang ada memberikan kesan alam yang begitu terasa. Objek yang ada di dalamnya seperti Bunker Kaliadem, Stonehenge Merapi, Makan Mbah Marijan, dan Museum Sisa Hartaku.

  1. Makam Mbah Marijan

Seperti yang diketahui, Mbah Marijan merupakan seorang guru kunci Gunung Merapi yang wafat ketika peristiwa meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010 lalu. Seorang yang terkenal ramah dan bahkan pernah membintangi beberapa iklan, hingga saat ini makamnya masih ramai dikunjungi para peziarah.

Sebelum meninggal, Mbah Marijan tidak mau mengungsi. Beliau justru mendekati puncak gunung dan melakukan ibadah serta berdo’a untuk keselamatan semua penghuni sekitar lereng Gunung Merapi. Dengan beraninya Beliau mendaki untuk melihat keadaan gunung secara langsung. Hingga akhirnya, beliau meninggal dalam keadaan sedang beribadah.

  • Stonehenge Merapi

Stonehege sering kita dapati di negara Inggris atau Australia, batu besar yang berdiri menjulang ini sangat menarik jika dijadikan spot foto. Tidak hanya di dua negara tersebut, di Indonesia juga dapat menikmati Stonehege. Stonehege yang dimaksud ada di wilayah Jogja tepatnya di lereng Gunung Merapi desa Kepuharjo, Cangkringan.

Stonehage Merapi atau yang sering disebut Stonehage Cangkringan ini terbentuk dari sisa batu yang dikeluarkan oleh Gunung Merapi ketika erupsi pada tahun 2010. Batu besar yang tersusun dan bertumpukan rapi ini mendapat julukan The Lost World Herritage. Selain bentuknya yang mengagumkan, harga tiket masuk juga sangat terjangkau.

  • Bunker Kaliadem

Belum beranjak dari desa Kepuharjo, Cangkringan. Terdapat sebuah lubang bawah tanah yang disebut Banker dengan cerita haru di dalamnya. Banker tersebut merupakan benteng yang dijadikan tempat berlindung ketika gunung merapi mengeluarkan isinya.

Selain cerita yang ada di dalamnya, terdapat beberapa titik berfoto yang menarik seperti saung tua dan gerbang-gerbang bunga. Di sekitar Bunker Kaliadem ini juga terdapat penyewaan Jeep Lava Tour untuk mengelilingi sekitar lereng. Dengan itu, akan memperlihatkan suasan gunung yang sejuk dan penuh tantangan.

  • Museum Sisa Hartaku

Seperti namanya, museum ini merupakan museum yang menyimpan berbagai sisa barang yang selamat ataupun utuh saat terjadinya peristiwa gunung meletus. Museum Sisa Hartaku ini merupakan satu-satunya museum yang paling berbeda dengan museum yang lainnya atau pada umumnya.

Anda bisa mengunjungi wisata ini dengan rental mobil jogja lepas kunci, menikmati waktu diperjalanan bersama keluarga tercinta.

Bangunannya  terbuat dari bangunan bekas sebuah rumah yang hanya tinggal sisa dindingnya. Berbeda dengan museum lain yang harus terjaga dengan keamanan yang ketat, karena barang yang ada di dalam adalah barang penting dan bersejarah.

Di dalam Museum Sisa Hartaku terdapat beragam barang warga sekitar mulai dari barang dapur, televisi, meja, kursi, sepeda motor serta kerangka binatang peliharaan. Semuanya merupakan barang milik warga yang tersisa.

Dengan beragam hal yang ada dalam wisata jogja Gunung Merapi menjadi saksi sejarah terjadinya peristiwa gunung meletus pada 2010 silam. Sampai kapanpun peristiwa tersebut akan tetap tertanam dan harapannya tidak akan terjadi kembali. Semua makhluk hidup yang ada di sana senantiasa di berikan keselamatan dan kesehatan serta semangat untuk terus bangkit.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>